Categories
Uncategorized

Misteri Curug Mandala di Cilacap

Kabupaten Cilacap Jawa Tengah mempunyai banyak objek rekreasi terselinap, mulai dari pantai, rimba mangrove serta Curug atau Air Terjun.

Untuk sampai ke sini anda bisa memanfaatkan layana travel jakarta cilacap dari agen yang anda percaya.

Diantaranya seperti Air Terjun Curug Mandala yang berada di Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap.

Curug Mandala adalah salah satunya curug favorite pelancong di Cilacap. Terdapat di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Curug Mandala dapat menempuh dengan berjalan kaki telusuri jalan setapak ke arah perbukitan.
Jalan ke arah curug ini tidak demikian bagus, tetapi perjuangan Anda akan terbayar dengan indahnya panorama yang diberikan. Air mengalir dari beberapa titik serta menuruni tebing, membuat nampak bertambah unik sebab bukan hanya membuat satu garis lurus saluran air saja. Curug Mandala dapat juga jadi tempat yang pas untuk memburu photografi di Cilacap.

Curug Mandala ini punyai kisah atau cerita horor, tetapi cerita horor itu bertukar dengan tujuan yang sering didatangi oleh beberapa wisatawan (pelancong).

Trip (Perjalanan) ke Curug Mandala memang melelahkan, naiki perbukitan serta menuruni bukit. Tetapi hal tersebut akan terbayarkan oleh keelokan tetumbuhan hijau serta airnya yang fresh alami jernih.

Curug ini konon dulunya di bom oleh belanda, Nah, ingin tahu kan mengenai ceritanya ini. Jadi, di saat indonesia dijajah oleh belanda, dulu masyarakat di jeruklegi bersembunyi diperbukitan. Lalu beberapa londo itu juga memburu ke perbukitan, mereka selanjutnya membom satu bukit yang pada akhirnya bukit itu jadi satu terjunan dengan air mengalir dari atasnya.

Simpang siur mengenai persisnya alamat curug Mandala yang berada di Cilacap membuat saya ingin tahu serta mendatanginya awal tahun lalu. Menurut sang mbah Google ada yang menjelaskan letak curug Mandala ada di Kecamatan kesugihan desa Dondong ada pula yang menjelaskan ada di Kecamatan Jeluk Legi desa Mandala. Dua tempat yang pasti tidak sama waktu iya punyai curug yang serupa, pada akhirnya sebab ingin tahu mengenai curug Mandala saya coba susuri deh tempatnya. Sehubungan belum mengetahui medan yang akan dituju serta masih tetap mencari alamat tuturnya jadi kami putuskan untuk naik motor saja, kecuali dapat nyalip-nyalip naik motor dapat juga bertambah cepat jika kesasar dapat cepat putar arah.

Kami coba lewat jalan Jeruk Legi dari kota cilacap telusuri jalana yang termasuk halus serta mulus sesudah melalui pombensin, lapangan terbang tunggul wulung serta lapangan golf tidak jauh dari ke-3 tempat yang saya katakan barusan ada satu plang panduan arah yang telah kedaluwarsa hampir tidak bisa dibaca. Tepat sebrang-sebrangan dengan plang itu ada satu minimarket yang tidak asing lagi yakni Alfamart. Alfamart itu ada dipersimpangan tiga serta disampingnya ialah jalanan ke arah curug Mandala.

Sesudah mengambil kanan serta berbelok melalui Alfamart itu kamipun telusuri jalanan itu. Awalannya jalan di tempat itu mulus tetapi semakin lama jalanan banyak yang berlubang rusak kronis. Lihat jalanan yang semacam ini buat saya batin “Ahhh rupanya jalanan yang mulus cuma punyai beberapa orang Cilacap yang tinggal di kota saja”. Betul saja selama jalan bukanlah lebih bagus nih lebih ancur. Baru sesudah lebih dari 15 menit kami mendapatkan jalanan yang halus lagi. Waktu itu kami pikirkan jangan-jangan salah jalan sebab sesudah jauh berjalan kami belum mendapatkan plang panduan arah kembali lagi. Stop sesaat serta menanyakan pada pemilik bengkel di tepi jalan dia menjelaskan sesudah mendapatkan gardu perlintasan kereta api disamping kiri karena itu dari tempat itu lurus saja. Betul saja di persimpangan itu ada satu plang panduan arah yang kedaluwarsa serta hampir tidak bisa dibaca.

Sesudah percaya kamipun melalui satu gardu perlintasan kereta api jalan terus ikuti jalanan itu. Serta kembali lagi kami mendapatkan jalanan yang situasiya semakin lebih kronis, banyak warung-warung kecil di tepi jalan. Kamipun hampir putus harapan sebab menganggap kesasar lagi sebab panduan arah tidak ada. Sesudah lebih dari 20 menit perjalanan sampai lah disebuah jalanan yang cukup terjal ketinggiannya dengan lubang dimana saja. Dari ketinggian itu nampaklah nun jauh di bawah sana bentangan pantai di kota Cilacap. Melalui satu gapura tertulis Desa Mandala kami memikir wah nih jangan-jangan tempatnya telah dekat.

Untuk capai desa Mandala saya anjurkan untuk tambahan berhati-hati sebab jalanan yang terjal serta lubang dari sana-sini cukup takut serta cukup ekstrim. Bila jalananya halus kemungkinan tidak mengerikan semacam itu. Saya cuma pernah memikirkan bagaimana bila motor tidak kuat keatas kemungkinan terjerumus mundur.

Tetapi anehnya saat kami stop saya lihat ada satu motor kuno yang diubah terparkir di tepi jalan yang terjal. Lihatnya sampai batin bagaimana triknya ya kok nih motor dapat sampai di tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *