Categories
Uncategorized

Menelisik Potensi Budidaya Mangga Mahatir

Pada dasarnya tipe mangga mahatir ini ialah mangga asli dari negara jiran Malaysia, serta mungkin tersebar di indonesia ini berkat jasa dari para TKI yang bekerja di negeri malaysia. Mereka inilah yang berfungsi besar dalam memasukkan serta menghadirkan varian mangga mahatir ke Indonesia.

Buah mangga mahatir ini sesungguhnya telah tersebar lumayan lama di Indonesia, tetapi buah ini cuma bisa ditanam bagaikan tumbuhan buah koleksi untuk para penghobi tumbuhan ataupun penghobi tipe tumbuhan hias, mayoritas mangga mahatir ini kerap ditanam oleh mereka yang kerap keluar masuk ke negeri Malaysia.‘

Menelisik Potensi Budidaya Mangga Mahatir

Perihal itu terjalin entah sebab pekerjaannya ataupun mereka yang mencari serta pula memperoleh bibit dari para TKI yang bekerja di Malaysia, dengan demikian hingga permasalahannya sama persis dengan dikala durian tipe D24, sawo jumbo CikuMega 19, serta durian D197 alias durian Musangking dimasukkan serta pada kesimpulannya dikenalkan awal kali ke Indonesia.

Terlebih nama itu pula ketentuan hendak personifikasi sesosok yang menggambarkan mangga mahatir bagaikan mangga yang berdimensi besar, menjajaki nama besar mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Muhammad

Daun mangga mahatir ini memanglah sangat khas, ialah berdimensi lumayan panjang serta pula agak sedikit lebar dengan wujud daun yang bergelombang serta berurat( urat daun nampak menonjol).

Nama, mangga mahatir sendiri mengambil nama mahatir, ialah seseorang mantan Perdana Menteri Malaysia yang diketahui bagaikan” orang kokoh” yang mana dia sudah berkuasa lumayan lama di Malaysia.

Daun mangga mahatir ini pula memiliki bermacam- macam karakteristik khas yang lain, ialah bila sepotong kecil daun tua diremas di antara bunda jari serta jari telunjuk, hingga mendadak hendak menghasilkan aroma yang sangat khas, berbau sengir serta bau itu pada biasanya tidak dipunyai oleh varietas- varietas mangga tipe lain.

Bila mangga tipe lain memiliki percabangan serta pula ranting yang berkembang ke atas ataupun samping, hingga percabangan serta pula ranting pada mangga tipe mahatir ini cenderung lemas serta pula berkembang sampai pada kesimpulannya menjuntai ke dasar, oleh sebab itu pengaturan arah pada perkembangan cabang serta pula ranting ini wajib dicoba seawal bisa jadi dengan metode mengikat pada bagian cabang/ ranting pada ajir bambu.

Bila tumbuhan mangga mahatir ini berkembang membengkak, hingga butuh terdapatnya pemberian suatu para- para penyangga yang dibuat dari bambu ataupun juga

dapat dengan bahan kayu, yang nantinya hendak membuat arah perkembangan cabang serta pula ranting muda jadi lebih tertib serta hadapi perkembangan yang lebih baik.

Mangga mahatir terkategori mangga genjah sebab relatif gampang berbunga serta berbuah pada usia tumbuhan yang masih muda, sebab dari bibit awal dimensi sejengkal yang berkembang dengan kilat.

Buat triknya diambil dari sebagian entres serta entres tersebut setelah itu disambungkan ke batang dasar mangga lokal berdimensi sejempol tangan orang berusia, setelah itu calon bibit baru tersebut langsung saja buat di tanam ke dalam pot, kemudian setelah itu bibit itu dalam waktu kurang dari sebulan hendak sanggup berbunga serta hendak berbuah kurang dari satu separuh tahun pasca sambung.

Sedangkan bibit awal sedikit lebih lelet berbunga, kurang dari 2 tahun. Perihal ini bisa terjalin disebabkan adanya

bibit yang ditanam awal tersebut pada bagian dasar masih berusia lumayan muda, lebih kurang berdimensi sebesar batang pensil.

Tetapi, secara universal tumbuhan mangga mahatir ini relatif sangat gampang buat berbunga serta pula giat berbuah walaupun dengan metode bibit disambungkan ke bagian batang dasar mangga lokal yang berukuran lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *