Categories
Uncategorized

Ke Purbalingga demi wisata purbakala

Ingin cari destinasi wisata untuk rombongan keluarga dan teman yang berbeda: Ayo, main ke kota Purbalingga buat menikmati wisata khas purbakala, Gua Lawa. Kamu bis menyewa bus untuk sampai kesini loh

Muncul bagaikan salah satu alternatif destinasi wisata di daerah Jawa Tengah bagian selatan, Gua Lawa tercipta dari batuan beku lelehan lava Gunung Slamet yang mengendap sepanjang ribuan tahun lamanya.

Pada dikala proses pembentukannyaa, lava yang keluar dari Gunung Slamet purba mengalir deras, membentuk sungai dikala menuruni lembah. Nah, aliran lava tersebut membentuk ruang kosong yang setelah itu jadi gua. Jejak sungai lava tersebut sudah mendingin serta menyisakan bebatuan di dalam gua.

Akibat fenomena alam tersebut, kalian dapat memandang banyak sekali bebatuan yang tersusun apik. Pencahayaan yang unik jadi energi tarik dari Gua Lawa. Sehingga, kalian dapat menikmati rasanya terletak di era purbakala.

Di sebagian sudut gua ada lubang yang dapat kalian manfaatkan buat difoto. Lubang- lubang yang ditembus sinar matahari menghasilkan dampak menarik buat kalian abadikan melalui lensa kamera.

Dengan panjang dekat 1, 5 km dengan ketinggian 900 mdpl, Gua Lawa mempunyai 14 gua kecil yang pantas dikulik. Semacam Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, Gua Dada Lawa. Di tiap gua- gua tersebut menaruh cerita menarik yang dapat dikulik.

Dinamai Gua Lawa karena di dalamnya terdapat banyak hewan kelelawar. Gua Lawa (Golaga) merupakan gua vulkanik yang terbentuk dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan selama ribuan hingga jutaan tahun. Pada proses pendinginan inilah terbentuk stalgtit dan stalagmit yang indah. Berlokasi di Desa Siwarak, RT 1, Karangreja, Siwarak, letak gua bukan di lerengnya melainkan di bukit.

Keunikan dari gua sang ini bertipe vulkanik yang lazim ada lorong dan air terjun natural. Gua ini panjangnya kurag lebih 1,5 km adapun tinggi kira kira 900 Mdpl membuat atmosfer disini lebih sejuk. Di dalam gua juga masih ada beberapa gua kecil yang kalau di jumlah kurang lebih 14 gua diantaranya Gua Sendang Slamet, Gua Pancuran Slamet, Gua Dada Lawa, dan lain-lain.

Nah, bila telah puas, kalian dapat istirahat di dalam gua sembari menikmati kopi di Lava Coffe. Terletak di dalam gua, kedai kopi yang satu ini menawarkan sensasi ngopi dengan style khas purbakala,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *