Categories
Uncategorized

Gejala Dan Penyebab Biduran Pada Anak

Gejala dan penyebab biduran pada anak harus diketahui oleh orang tua agar anak tidak rewel atau merasa terganggu. Biduran memang bukan masalah kulit yang serius, namun bisa jadi biduran terjadi sebagai pertanda akan sebuah alergi tertentu yang mungkin dialami anak Anda. Saat masih kecil, anak memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga bisa sering mengalami biduran.

Biduran terjadi pada bagian tertentu dan bisa berukuran kecil ataupun besar. Biasanya biduran akan terlihat berkelompok atau berdekatan sehingga terlihat banyak. Sebelum mencari cara mengobatinya, Anda perlu mengetahui penyebab biduran pada anak terlebih dahulu. Dengan begitu anak bisa mencari solusi terbaik untuk anak.

IMG_256

Klikdokter.com

Berikut gejala biduran pada anak

Gejala biduran bisa ditandai dengan berbagai hal. Jika Anda mampu mengenali  gejala biduran pada anak sejak dini, maka Anda bisa mengatasinya dengan lebih cepat. Berikut beberapa gejala biduran yang sering terjadi.

  • Terasa gatal pada bagian tubuh tertentu.
  • Bentuk biduran mirip seperti gigitan nyamuk, namun jumlahnya yang lebih banyak.
  • Bagian kulit terlihat memerah dan mengalami perubahan bentuk seperti menonjol. Bagian kulit yang memerah akan terlihat lebih pucat dibandingkan dengan bagian yang lainnya.
  • Biduran bisa menyerang bagian tubuh mana pun dan seringkali letaknya berganti-ganti.
  • Biduran membentuk area kemerahan yang lebih besar, yaitu sekitar 12 mm hingga cm. Jika tidak segera diatasi, biduran bisa semakin meluas.

Berikut beberapa penyebab biduran pada anak

Setelah mengetahui gejalanya, tentu Anda juga harus mengetahui apa penyebab biduran pada anak secara lebih spesifik. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa berupaya untuk menjauhkan anak dari hal tersebut agar biduran tidak muncul kembali. Berikut akan dijabarkan beberapa penyebab biduran.

  • Alergi obat

Beberapa obat yang mengandung antibiotik dan penicilin bisa menyebabkan anak Anda mengalami biduran. Untuk itu sebaiknya Anda menghindarkan anak dari kandungan obat tersebut. Hal ini akan membuat biduran tidak muncul kembali. Informasikan kepada dokter jika anak Anda mengalami alergi pada jenis obat-obatan tertentu.

  • Faktor udara

Udara bisa membuat anak Anda mudah mengalami biduran. Ketika anak terlalu lama terpapar sinar matahari, mengalami perubahan suhu atau terkena udara maka wajar saja jika terkena biduran. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang wajar karena kulit manusia cukup sensitif akan hal tersebut.

Jika anak Anda mengalami kecenderungan mudah mengalami alergi akibat udara, sebaiknya batasi anak untuk bermain di luar agar tidak lagi mengalami biduran.

  • Alergi makanan

Penyebab paling umum biduran adalah alergi makanan. Beberapa anak alergi terhadap beberapa zat yang terkandung dalam sebuah makanan. Hal tersebutlah yang membuat anak Anda mengalami biduran. Biduran yang disebabkan oleh alergi makanan biasanya akan membaik dalam kurun waktu 6 jam.

  • Infeksi virus

Infeksi virus bisa menjadi penyebab yang paling umum dialami anak-anak. Virus bisa membuat anak terserang berbagai penyakit seperti pilek, batuk, diare dan lain sebagainya. Selain itu virus ini juga bisa menyebabkan anak Anda mengalami biduran. Gangguan yang disebabkan virus biasanya akan berangsur membaik setelah tiga hari.

Demikianlah gejala dan penyebab biduran pada anak yang harus diwaspadai. Bagi orang dewasa mungkin biduran tidak akan mengganggu aktivitasnya, namun bagi anak-anak tentu akan berbeda. Rasa gatal yang muncul akan membuat anak ingin menggaruk bagian tersebut. Hal ini bisa menyebabkan kulit anak terluka dan mengalami iritasi. Untuk itu dibutuhkan cara yang tepat agar biduran dapat teratasi dengan cepat.

Ref: klikdokter.com, 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630023/kenali-penyebab-biduran-dan-cara-mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *