Categories
Uncategorized

Bus Hibrida kini lebih efisien

Perlombaan dan tantangan industri kendaraan besar untuk memproduksi kendaraan angkutan massal yang Go green jadi tren yang tumbuh di Eropa. Menyongsong diterapkannya standar emisi gas buang Euro VI di Eropa yang mulai diterapkan Januari 2014, Volvo mengadakan serangkaian ujicoba terhadap produknya di Gothenburg, Swedia. Bus Produksi volvo mampu memberikan penghematan dalam hal konsumsi bahan bakar lebih irit.

Nantinya bila sukses maka bus ini akan dipastikan dapat di beli oleh penyedia layanan sewa bus pariwisata di seluruh dunia. Bis‘ plug- in’ hibrida ini merupakan bis yang mengombinasikan mesin diesel serta mesin listrik. Diucap‘ plug- in’ sebab bis dapat mengisi listrik buat ditaruh dalam battere- nya dengan gampang lewat halte pengisian yang disediakan di jalan yang dilalui. Kerja halte pengisian itu mirip semacam stasiun pengisian bahan bakar universal di Indonesia. Cuma diperlukan waktu 5 ataupun 6 menit buat mengisi ulang battere melalu catu energi yang terdapat di atap bis. Tidak hanya dilengkapi dengan motor listrik yang didukung battere lithium, bis ini mempunyai mesin diesel dimensi kecil.

Normal bila mengkonsumsi bahan bakar menurun lebih dari 80 persen serta total mengkonsumsi tenaga lebih dari 60 persen. Hasil lapangan uji lagi dicoba di Gothenburg menampilkan kalau bis Volvo‘ plug- in’ hibrida lebih dari harapan.“ Hasil kinerja produk kami apalagi sedikit lebih baik daripada yang kami perkirakan. Bis‘ plug- in’ hibrida kami komsumsi kurang dari 11 liter bahan bakar buat tiap 100 km. Mengkonsumsi bahan bakarnya 81persen lebih rendah dari bis bermesin diesel setara,” kata Johan Hellsing, Project Manager Volvo Bis buat uji lapangan ini.

Catatan mengkonsumsi tenaga secara totalitas dalam ujicoba, tercantum mengkonsumsi buat mesin diesel serta listrik, pula melampaui sasaran. Bis‘ plug- in’ hibrida membagikan penghematan tenaga sebesar 61persen, dibanding dengan bis diesel berstandar Euro 5.

Uji lapangan di Gothenburg diawali Juni 2013 terhadap 3 bis‘ plug- in’ hibrida, yang battere- nya diisi ulang pada halte pengisian spesial yang ditempatkan di titik tertentu. Perihal ini membolehkan buat bis buat berjalan pada tenaga listrik buat sebagian besar rute yang dilaluinya.

Tidak hanya penghematan tenaga yang signifikan serta kurangi akibat terhadap area, teknologi ini membagikan kenyamanan pada penumpang sepanjang ekspedisi. Keadaan itu pula sangat menolong pengemudi sebab area kerja yang lebih tenang. Pengemudi GS Buss yang ikut serta dalam ujicoba ini sangat menghargai atmosfer kabin yang tenang serta leluasa getaran yang didapat sepanjang melaksanakan bis bertenaga listrik. Bis bisa berjalan dengan tenaga listrik buat dekat 7 km tanpa kebisingan ataupun emisi gas buang.

“ Walaupun terdapat banyak jalan yang panjang serta curam pada rute, bis‘ plug- in’ hibrida bisa berjalan dengan tenaga listrik buat dekat 85 persen dari waktu ekspedisi. Mesin diesel cuma berperan bagaikan‘ tendangan’ kala bis memerlukan kekuatan ekstra,” kata Johan lagi.

Hanna Björk, Strategist Area di Västtrafik, industri negeri yang bertanggungjawab terhadap transportasi Swedia menyebut,“ Hasil riset menampilkan kalau bis‘ plug- in’ hibrida bisa menolong kita buat menggapai tujuan ambisius terhadap area, spesialnya pengurangan emisi serta kebisingan.”

Pengujian bis‘ plug- in’ hibrid di Gothenburg menghabiskan 10. 000 jam pembedahan serta hendak terus bersinambung sampai tahun depan. Suatu proyek demo pula hendak dicoba dengan mengaitkan lebih dari 8 unit bis‘ plug- in’ hibrida yang melayani bis kota di Stockholm mulai tahun depan.

Beberapa kota- kota Eropa menampilkan atensi terhadap bis‘ plug- in’ hibrida. Hamburg serta Luksemburg sudah menandatangani kontrak buat pasokan bis pada 2014 serta 2015. Volvo Bis bekerja sama dengan dewan kota, otoritas transportasi universal serta penyedia jasa transportasi publik buat meningkatkan pemecahan jangka panjang. Volvo Bis berencana mengawali pembuatan komersial bis‘ plug- in’ hibrida ini menjelang akhir 2015.

Mereka yang ikut serta dalam proyek bis‘ plug- in’ hibrida di Gothenburg ini antara lain merupakan Volvo Bis, Tenaga Göteborg, Kawasan Bisnis Göteborg, Trafikkontoret serta Västtrafik. Proyek ini dibiayai oleh+Hidup, pembiayaan program Uni Eropa buat proyek- proyek area.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *