Categories
Uncategorized

Akhlak Adalah

Akhlak Adalah – Kata “moralitas” berasal dari bahasa Arab, khususnya “Al-Khulk”, yang berarti tabeat, temperamen, perilaku, kebiasaan, perilaku. Menurut konsepnya, karakter adalah fitur yang tertanam dalam diri seseorang yang dapat menghabiskan sesuatu dengan kesenangan dan kemudahan, tanpa ada pemikiran dan paksaan.

Moralitas adalah bentuk jamak dari kata Khuluk, berasal dari bahasa Arab, yang berarti temperamen, perilaku atau karakter. Tiga ahli moral, yaitu Ibnu Miskawaih, Al Gazali dan Ahmad Amin, mengatakan bahwa moralitas melekat pada seseorang yang dapat berbuat baik tanpa terlebih dahulu memikirkan pikiran.

Akhlak-Adalah
Akhlak Adalah

Pahami moralitas

Menurut istilah itu, moralitas adalah karakteristik yang diwujudkan dalam diri seseorang yang dapat menghabiskan sesuatu dengan kesenangan dan kemudahan, tanpa pemikiran dan paksaan. Dalam KBBI, moralitas berarti karakter atau perilaku. Terminologi moral berarti perilaku seseorang yang didorong oleh keinginan sadar untuk melakukan perbuatan baik.

Moralitas adalah bentuk jamak dari kata Khuluk, berasal dari bahasa Arab, yang berarti temperamen, perilaku atau karakter. Tiga ahli moral, yaitu Ibn Miskawaih, Al Gazali dan Ahmad Amin, mengatakan bahwa moralitas melekat pada seseorang yang dapat berbuat baik tanpa memikirkan terlebih dahulu dari pikiran.

Kata moralitas diartikan sebagai perilaku, tetapi perilaku yang harus dilakukan berulang kali tidak cukup untuk melakukan perbuatan baik, atau hanya setiap saat.

Seseorang dapat mengatakan bahwa seseorang berbudi luhur ketika penciptaan diri dibimbing oleh motivasi dari dalam dan tanpa berpikir terlalu banyak tentangnya, belum lagi pikiran yang sering diulang sehingga tampaknya menjadi dorongan untuk bertindak.

Jika tindakan itu dilakukan dengan paksa, itu bukan cerminan moralitas. Dalam ensiklopedia Inggris, moralitas disebut ilmu moral, yang memiliki arti pemeriksaan sistematis dari sifat istilah baik, buruk, mungkin benar, salah dll. Pada prinsip-prinsip umum dan dapat diterapkan pada sesuatu. untuk selanjutnya dapat digambarkan sebagai filsafat moral.

Pemahaman moralitas menurut para pakar ISLAM

Menurut Ibnu Maskawaih:

Menurutnya, moralitas adalah “hal-hal yang tertanam dalam jiwa seseorang dan yang mendorong mereka untuk melakukan suatu tindakan tanpa perlu pemikiran dan refleksi”.

Menurut Abu Hamid Al Ghazali:

Moralitas adalah karakteristik yang ditandai oleh jiwa manusia dan dari mana tindakan dilakukan yang dilakukan dengan bahagia dan mudah, tanpa memikirkan diri sendiri dan tanpa berpikir terlebih dahulu.

Menurut Ahmad bin Mushthafa:

Moralitas adalah ilmu yang darinya jenis-jenis kebajikan dapat diketahui, di mana kebajikan adalah pencapaian keseimbangan antara tiga kekuatan, yaitu kekuatan pikiran, kemarahan dan kesenangan atau kesenangan.

Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani:

Moralitas adalah sesuatu (baik atau buruk) yang mengakar dalam diri orang, dari mana tindakan muncul dengan mudah dan mudah tanpa berpikir dan berpikir.

Dalam Al-Quran, surat Al-Qolam ayat 4 menyatakan: “Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) berada di atas karakter yang mulia”. Dan dalam sebuah hadits dia berkata: “Saya diutus hanya untuk menyempurnakan karakter yang mulia”. Jadi jelas bagi umat Islam di semua alam untuk bergantung pada moralitas nabi Muhammad.

Moralitas yang dijanjikan nabi Muhammad harus menjadi model dan contoh yang baik. Ada dua sumber yang harus bertindak sebagai pedoman hidup, Al-Qur’an dan Sunnah, yang keduanya bertindak sebagai sumber moralitas Islam. Jika orang memiliki moral atau moral yang baik, pujian yang baik, jika Tuhan menghendaki, hidup mereka akan jauh lebih baik.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *